Harga Jual Jalak Bali Legal Bersertifikat Resmi

jalak-bali-terbang

Pulau Bali atau juga dikenal dengan Pulau Dewata merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki daya tarik luar biasa. Keindahan alam dan juga budaya yang masih begitu kental mampu menarik banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Di pulau ini terdapat satu jenis burung yang hampir punah namun berkat usaha yang luar biasa kini populasinya mulai meningkat. Burung tersebut adalah Jalak Bali. Burung ini tidak dijual secara bebas, namun kita dapat memeliharanya dengan merogoh kocek yang cukup dalam. Harga jual Jalak Bali ini tidak murah karena banyak faktor yang mempengaruhi. Salah satunya karena termasuk hewan yang dilindungi.

Penjual Jalak Bali juga tidak mudah untuk menjual burung ini. Terdapat ketentuan yang harus dipenuhi dan juga harus mendapatkan izin dari badan pemerintah. Karena setiap transaksi harus dibawah pengawasan. Hal ini dilakukan supaya perdagangan ilegal dapat dihentikan. Supaya populasi Jalak Bali tetap terjaga dan terus bertambah.

Harga Jual Jalak Bali Bersetifikat Resmi

Ketika memutuskan untuk memelihara burung Jalak bali, kita harus hati-hati dalam memilih. Pastikan dilengkapi dengan sertifikat resmi BKSDA, supaya kita tidak melanggar peraturan yang ada. Jika tertangkap memelihara burung ini secara ilegal maka dapat dikenakan denda dan juga hukuman penjara.

Berikut ini harga jual Jalak Bali lengkap dengan sertifikat, yaitu:

  1. Usia 2 hingga 5 bulan

Pada usia 2 hingga 5 bulan burung Jalak Bali sudah mulai memakan voer, sehingga tidak perlu meloloh lagi. Hal ini akan membuat biaya perawatan menjadi lebih murah dan mudah. Untuk harganya dibandrol mulai dari Rp 4.000.000 per pasangnya.

  1. Pada usia 7-11 bulan

Golongan usia ini termasuk pada burung Jalak Bali yang mulai memasuki usia remaja atau sudah mulai berganti bulu. Pada usia ini kualitas kicauannya mulai terlihat. Untuk harga burung Jalak Bali dengan usia ini dipatok cukup mahal yaitu mulai dari Rp 6.000.000 per pasang.

  1. Burung Jalak Bali berusia 1 tahun keatas

Pada usia ini burung sudah beranjak dewasa. Tentunya akan lebih mudah untuk melakukan penilaian, baik dari kesehatan, kualitas atau kicauannya. Harganya dipatok cukup mahal untuk setiap pasangnya, yaitu mulai dari Rp 10.000.000,-. Bahkan banyak yang lebih mahal tergantung pada kualitas dari burung tersebut. Selain itu juga dipengaruhi oleh usaha yang telah dilakukan untuk mendapatkan burung Jalak Bali yang terbaik.

Tentunya harga yang ditentukan oleh penjual Jalak Bali pasti berbeda antara satu tempat dengan yang lainnya. Semua tergantung pada perawatan dan juga pelatihan yang diberikan. Untuk itu usahakan kita untuk mendapatkan penjual yang menyediakan kualitas yang baik dengan harga yang lebih terjangkau.

Syarat Untuk Dapat Menjadi Penjual Jalak Bali

Ketika ingin menjual Jalak Bali tentu syarat dan ketentuaannya sangatlah ketat, sehingga tidak sembarangan orang dapat mengajukan izin untuk dapat menjual-belikan satwa ini. Berikut ini beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Memiliki penangkaran

Syarat yang pertama harus memiliki penangkaran, karena disitu akan ada banyak kelahiran Jalak Bali. Sehingga dapat melakukan jual beli dan terus mengembang biakkan satwa ini. Penangkaran sendiri merupakan sebuah upaya yang dapat dilakukan oleh manusia untuk mengembangbiakkan diluar habitat aslinya.

  • Memiliki izin resmi dari BKSDA

Syarat kedua yaitu memiliki izin resmi dari pihak BKSDA untuk menangkarkan dan juga menjual belikan satwa ini. Untuk mendapatkan izin ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Mulai dari izin kelurahan dan kecamatan, pengajuan proposal penangkaran kemudian mengurus sertifikat untuk hasil penangkaran.

Karena memang penjual-belian satwa ini tidak dapat dilakukan secara bebas, maka tidak heran jika harganya cukup mahal. Disamping itu bentuk dan kicauannya yang membuat nilai dijual Jalak Bali ini semakin tinggi.

Ciri-ciri Burung Jalak Bali

Bagi orang awam mungkin belum mengenal Jalak Bali secara jauh. Kebanyakan hanya mengetahui bahwa satwa ini dilindungi oleh undang-undang. Setelah membahas, mengenai harga dan juga syarat untuk dapat menjual Jalak bali, berikut beberapa ciri-ciri supaya lebih mengenalnya:

Memiliki warna bulu putih

Ciri yang paling dominan dari Jalak Bali adalah memiliki bulu 90% berwarna putih. Diujung ekor dan sayap berwarna coklat tua atau hitam. Warna ini cukup berbeda dengan warna yang dimiliki oleh jenis burung Indonesia lainnya.

Sekitar kelopak mata berwarna biru tua

Burung Jalak Bali memiliki kelopak mata yang berwarna biru tua, sehingga sangat kontras dengan warna bulu yang dimiliki. Jika dilihat secara sekilas seakan burung ini menggunakan kacamata. Untuk bola matanya berwarna coklat.

Memiliki jambul

Pada kepala Jalak Bali memiliki jambul yang membuatnya tampak lebih indah. Ketika berkicau jambul tersebut akan berdiri tegak. Pada jantannya memiliki jambul yang lebih panjang, sedangkan yang betina lebih pendek.

Memiliki ukuran sedang

Burung kicau satu ini memiliki ukuran tubuh sedang dengan panjang sekitar 25 cm dan berat sekitar 107,75 gram. Untuk ukuran jantan biasanya lebih besar dari pada yang betina.

Selain termasuk dalam jenis satwa yang dilindungi, satwa ini juga pernah digambar dalam uang koin Rp 200,-. Dengan begitu kita tau betapa istimewanya Jalak Bali ini, sehingga dijual Jalak Bali tidak dapat dilakukan sembarangan. Bagi yang berminat untuk memelihara atau menangkarkan satwa ini dapat mengunjungi eradebaf.co.id. Kualitasnya terjamin dengan perawatan dan pemberian makan yang terbaik. Pasti legal dan lengkap dengan sertifikat resmi dari BKSDA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *