Perbedaan Antara Jalak Putih VS Jalak Bali

bali-burung-jalak

Indonesia memang sebuah negara yang kaya baik dari hasil bumi hingga satwa dan juga tumbuhan yang ada. Dinegara kita ini terdapat lebih dari 300.000 jenis fauna yang ada, mulai dari jenis serangga, mamalia, unggas dan sebagainya. Jenis burung yang ada pun terbilang banyak dan menawan. Salah satunya yaitu jenis Jalak. Jalak sendiri memiliki sekitar 25 jenis, seperti Jalak Suren, Jalak Bali, Jalak Putih, Jalak Nias dan lain-lain. Antara Jalak Putih dengan Jalak putih Bali memiliki kesamaan, yaitu warna bulu putih bersih.

Burung Jalak Putih Bali merupakan jenis burung kicau yang hanya dapat ditemukan di daerah Bali. Dia adalah salah satu satwa yang hampir punah karena banyaknya perburuan liar yang terjadi. Hal tersebut terjadi karena harganya yang mahal dan juga permintaan yang tinggi. Sehingga masyarakat tergiur untuk menangkap dan memeliharanya.

Perbedaan Jalak Putih VS Jalak Bali

Bagi orang awam tentu akan kesulitan ketika membedakan mana yang Jalak Putih dan mana yang merupakan Jalak Bali. Untuk itu perlu diketahui ciri-ciri masing-masing jenis tersebut, sehingga tidak akan mudah tertipu ketika melakukan pembelian. Kedua jenis Jalak ini memiliki habitat yang hampir sama. Hanya saja untuk Jalak Bali hanya terdapat di Pulau Bali, sedangkan Jalak Putih tersebar di Jawa, Bali dan Nusa Tenggara.

Berikut ini ciri-ciri dari masing-masing Burung Jalak Putih Bali dan Jalak Putih, yaitu:

1. Ciri-ciri Jalak Putih Bali

Jalak Putih Bali atau Jalak Bali memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Warna bulu 90% putih bersih. Warna bulu burung Jalak Bali hampir semua berwarna putih, hanya dibagian ujung ekor dan sayap yang berwarna hitam dengan lebar sekitar 25mm.
  • Kelopak mata berwarna biru. Pada burung Jalak Putih Bali memiliki kelopak mata yang berwarna biru, sehingga sangat kontras dengan warna bulunya. Jika dilihat secara sekilas nampak seperti menggunakan kaca mata. Sedangkan bola matanya berwarna kecoklatan.
  • Memiliki ukuran sedang. Untuk Jalak Bali ukurannya sedang dengan panjang sekitar 25 cm dari ujung paruh hingga ekor dan memiliki berat sekitar 107,75 gram. Untuk jantan memiliki ukuran lebih besar dari pada yang betina.
  • Terdapat jambul pada kepala. Pada jenis jantannya memiliki jambul yang lebih panjang dari pada betina. Sehingga ketika sedang berkicau tampak lebih indah dan juga lebih gagah. Sedangkan yang betina terlihat lebih anggun dan menarik.

2. Ciri-ciri Jalak Putih

Jalak Putih juga merupakan salah satu jenis burung endemik yang ada di Indonesia. Burung ini juga sering disebut dengan Jalak dada putih. Berikut ini ciri-ciri Jalak Putih:

  • Warna bulu dominan putih. Warna bulu Jalak Putih didominasi oleh warna putih dengan campuran hitam pada bagian sayap dan ujung ekornya.
  •  Kelopak mata berwarna kuning gading. Berbeda dengan Jalak Bali yang memiliki warna kelopak mata biru, sedangkan Jalak Putih memiliki warna Kuning gading. Selain itu pada bagian paruhpun berwarna kuning.
  • Warna putih pada ujung sayap. Ketika burung Jalak Putih sedang menutup sayapnya, maka akan terlihat warna putih pada ujung sayap yang menempel pada ekornya.

Itulah ciri-ciri dari Jalak Bali yang terlihat secara kasat mata. Dari ciri-ciri diatas tentu kita akan tahu bagaimana perbedaan Jalak Putih vs Jalak Bali. Mulai dari warna kelopak mata antara biru dan kuning, kemudian Jalak Bali memiliki jambul sedangkan Jalak Putih tidak punya. Lalu warna bulu hitam lebih banyak pada burung Jalak Putih dibandingkan dengan burung Jalak Bali.

Harga Jalak Putih Bali

Jalak Bali merupakan burung kicau yang memiliki banyak penggemar, begitu juga dengan Jalak Putih. Namun disini kita hanya akan membahas mengenai harga Jalak Putih Bali. Kedua jenis burung Jalak ini sebenarnya memiliki harga yang sama-sama mahal yang mencapai angka jutaan rupiah.

Berikut ini harga Jalak Bali, yaitu:

Usia 2 hingga 5 bulan

Pada usia 2 hingga 5 bulan Jalak Bali sudah mulai makan voer sehingga tidak perlu diloloh lagi. Untuk harganya dimulai dari Rp 4.000.000 per pasangnya.

Pada usia 7 hingga 11 bulan

Golongan usia ini burung Jalak Bali yang mulai memasuki usia remaja dan sudah berganti bulu. Kualitas kicauan biasanya sudah mulai terlihat pada usia ini. Harga burung Jalak Bali dengan usia ini dipatok cukup mahal yaitu sekitar Rp 6.000.000 setiap pasang.

Burung Jalak Bali berusia 1 tahun keatas

Ketika usia burung sudah lebih dari satu tahun maka sudah beranjak dewasa. Tentu akan lebih mudah melakukan penilaian, mulai dari kesehatan, kualitas serta kicauannya. Harganya dipatok cukup mahal yaitu mulai dari Rp 10.000.000,- perpasangnya. Bahkan banyak yang lebih mahal tergantung pada kualitas dari burung tersebut. Selain itu juga dipengaruhi oleh usaha yang telah dilakukan untuk mendapatkan burung Jalak Bali berkualitas.

Untuk yang berminat untuk memelihara Jalak Bali dapat mengunjungi eradebaf.co.id. Dijamin legal, aman dan lengkap dengan sertifikat resmi BKSDA. Kemudian akan mendapatkan harga terbaik dengan kualitas yang berbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *