Persyaratan Jual Beli Burung Jalak Bali Dengan Legal

manuk-jalak-bali

Jalak Bali merupakan salah satu spesies burung kicau langka di Indonesia. Keberadaannya dilindungi oleh undang-undang. Sehingga siapa saja yang memburu dan memeliharanya secara ilegal akan dikenakan denda dan hukuman penjara. Populasinya di alam liar sangat sedikit, bahkan hampir punah. Hal tersebut dipengaruhi oleh banyaknya perburuan liar yang dilakukan oleh orang yang tak bertanggung jawab. Dimana nantinya akan dilakukan jual beli burung Jalak Bali dengan harga yang mahal.

Alasan kenapa harga burung Jalak Bali mahal adalah bentuk dan kicauannya yang merdu. Burung ini memiliki warna bulu 90% putih bersih dengan warna hitam di ujung ekor dan sayapnya. Kemudian memiliki warna kelopak mata biru yang begitu kontras dengan warna bulunya. Serta memiliki jambul yang akan berdiri ketika sedang berkicau, sehingga akan nampak lebih indah dan menarik. Hal-hal tersebut membuat banyak orang yang menginginkannya sebagai satwa peliharaan. Permintaan yang tinggi dari dalam dan luar negara membuat harga menjadi meningkat.

Syarat Jual Beli Burung Jalak Bali Dengan Legal

Jual Beli Jalak Bali memang diperbolehkan oleh pemerintah, namun tidak dapat dilakukan secara bebas. Setiap transaksi yang terjadi harus dibawah pemantauan dari pihak BKSDA. Selain itu terdapat syarat-syarat yang harus terpenuhi supaya jual beli yang dilakukan legal dan aman.

Berikut ini syarat jual beli Jalak Bali dengan legal, yaitu:

1. Berasal dari penangkaran yang memiliki izin

Syarat pertama yaitu burung Jalak Bali berasal dari penangkaran yang telah memiliki izin resmi dari BKSDA, baik untuk mengembang biakkan maupun penjualan. Sehingga setiap jual beli yang terjadi selalu dalam pengawasan pemerintah. Dengan begitu akan lebih aman dan tentunya legal.

2. Lengkap dengan sertifikat resmi

Syarat selanjutnya yaitu Jalak Bali harus dilengkapi dengan sertifikat resmi dari pihak BKSDA. Sertifikat ini membuktikan bahwa burung berasal dari penangkaran yang legal dan juga terdapat kode yang sama dengan ring yang dipasang. Saat ini banyak sekali oknum yang memalsukan sertifikat ini untuk menjual Jalak Bali dengan harga mahal. Untuk berhati-hatilah ketika melakukan pembelian.

3. Terpasang ring pada kaki burung

Kemudian tanda bahwa burung Jalak Bali berasal dari penangkaran yang legal adalah terpasangnya ring pada kaki burung. Pada ring tersebut terdapat kode tertentu. Dimana nantinya kode ini akan sama dengan yang tercantum pada sertifikat yang dikeluarkan oleh pihak BKSDA.

4. Merupakan keturunan generasi ke tiga

Syarat selanjutnya yaitu merupakan keturunan ketiga dari burung yang telah ditangkarkan. Dalam artian yang boleh untuk di perjual belikan adalah Jalak Bali yang bukan keturunan dari indukan yang berasal dari alam. Hal ini tercantum dalam Surat Keputusan Menteri Pertanian NOMOr 7 tahun 1999 mengenai Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa Jalak Bali yang merupakan satwa yang dilarang untuk diperjual belikan, kecuali hasil penangkaran dari generasi ketiga ( indukan bukan dari alam).

Itulah beberapa syarat dalam melakukan jual beli Jalak Bali dengan legal dan aman. Jangan sampai melanggar hukum hanya untuk mendapatkan harga yang murah. Sedangkan resikonya akan lebih besar yaitu ancaman hukuman penjara dan juga denda.

Cara Perawatan Jalak Bali Dengan Tepat

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi syarat jual beli Jalak Bali secara legal, maka langkah selanjutnya yaitu mengetahui bagaimana cara perawatan yang tepat. Supaya ketika susah membelinya akan lebih siap untuk melakukan perawatan dengan benar.

Berikut ini beberapa cara perawatan Jalak Bali dengan tepat, yaitu:

  • Mandikan secara rutin

Burung Jalak Bali merupakan jenis burung kicau yang suka akan kebersihan, sehingga kita harus memandikannya secara rutin pada pagi dan sore hari. Caranya dapat menggunakan spray atau menyediakan keramba untuk burung tersebut mandi sendiri.

  • Menjemur dibawah sinar matahari

Setelah proses pemandian selesai maka langkah selanjutnya yaitu menjemur burung dibawah sinar matahari selama 1 hingga dua jam. Lakukan hal ini sebelum pukul 10 pagi, karena semakin siang terik matahari semakin panas sehingga tidak baik untuk kesehatan burung Jalak Bali. Dan lakukan hal ini juga pada sore hari namun dengan durasi yang lebih sedikit.

  • Berikan makan tepat waktu

Makanan adalah sumber tenaga dan juga cara untuk mempertahankan hidup. Sehingga untuk menjaga kesehatan dan kelincahan dari Jalak Bali, maka selalu berikan makanan tepat waktu dan jangan sampai kelewatan atau lupa. Karena jika hal tersebut terjadi dapat berakibat fatal, misalnya tidak bertenaga dan tidak mau berkicau, lemas, bahkan bisa juga menjadi sakit. Untuk makanan yang dapat diberikan berupa voer, buah-buahan, kroto, jangkrik atau bisa juga ulat hongkong. Berikan makanan tersebut dengan takaran yang tepat.

  • Menjaga kebersihan kandang

Cara perawatan berikutnya yaitu dengan menjaga kebersihan kandang dengan baik. Usahakan untuk membersihkannya setiap hari agar burung Jalak Bali terhindar dari berbagai penyakit dan juga jamur. Disamping itu dia akan merasa lebih nyaman dan betah di dalam kandang.

Pada dasarnya perawatan Jalak Bali hampir sama dengan jenis burung yang lainnya. Dengan berbagai jenis makanan yang dapat diberikan membuat perawatannya menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Bagi yang sedang mencari tempat jual beli burung Jalak Bali yang pasti legal dan aman dapat mengunjungi eradebaf.co.id. Disini kamu akan mendapatkan harga terbaik untuk kualitas yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *