Ketahui Harga Jalak Nias Di Bali Dengan Pasti

harga-jalak-nias-di-bali

Jalak Nias adalah salah satu jenis burung Jalak yang ada di Indonesia. Persebaran burung ini berada di daerah yang memiliki ketinggian sekitar 3000 mbpl. Selain di Indonesia jenis ini juga tersebar di Amerika, Afrika, serta Asia tenggara. Banyak yang tidak mengenal jenis burung ini, karena kalah populer dibandingkan dengan Jalak Bali atau Jalak Suren. Namun banyak juga para pecinta burung kicau yang memburu jenis ini, baik untuk peliharaan di rumah ataupun mengikuti lomba kicau. Harga Jalak Nias di Bali tentu tidak semahal harga Jalak Bali yang hampir punah.

Walaupun harga Jalak Bali lebih mahal, namun untuk mendapatkan jenis burung ini juga perlu merogoh kocek yang cukup dalam. Namun ada satu kelebihan yang dimiliki oleh burung ini, jika dilatih secara rutin dan intensif dia bisa menirukan kalimat pendek yang sering diucapkan oleh manusia. Walaupun tidak seperti burung Beo, namun dapat dijadikan hiburan tersendiri bagi yang memeliharanya.

Harga Jalak Nias di Bali Dan Daerah Lainnya

Jalak Nias memiliki ciri-ciri dengan didominasi bulu berwarna coklat di sekujur tubuhnya. Namun terkadang ada bagian tubuh lain yang memiliki bulu berwarna hitam kuning dan putih. Kemudian pada bagian paruh dan kulit matanya berwarna kuning seperti jenis Jalak yang lain. Lalu pada bagian kepala hingga tenggorokan memiliki corak atau warna keabu-abuan agak kehitaman, begitu juga pada bagian ujung sayapnya. Pada bagian perutnya berwarna putih. Untuk panjangnya mencapai 23 hingga 25 cm.

Bagi yang belum mengenal burung satu ini tentu cukup sulit untuk mengenalnya. Karena memang tidak terlalu populer. Namun bagi pecinta burung kicau, jenis ini memiliki keunikan tersendiri selain dari kicauannya. Berikut ini harga Jalak Nias di Bali dan daerah lainnya, yaitu:

  1. Harga Jalak Nias bahan yaitu sekitar Rp 200.000 hingga Rp 300.000
  2. Harga Jalak Nias dewasa gacoran dibandrol dengan harga Rp 400.000 hingga Rp 600.000
  3. Harga Jalak Nias jantan harganya mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 600.000
  4. Harga Jalak Nias ombyokan harganya sekitar Rp 100.000 hingga Rp 150.000
  5. Harga Jalak Nias betina memiliki harga sekitar Rp 100.000 hingga Rp 250.000

Dari semua harga Jalak Nias di Bali tersebut tentu berbeda-beda antara satu tempat dengan tempat lain. Tergantung pada kualitas dan juga perawatan yang diberikan.

Cara Membedakan Jalak Nias Jantan Dan Betina

Untuk dapat membedakan antara jantan dan betina tentunya kita harus memahami ciri fisik masing-masing terlebih dahulu. Dengan begitu nantinya kita akan lebih mudah untuk membedakannya.

Berikut ciri-ciri Jalak Nias Jantan dan karakteristiknya, yaitu:

  • Memiliki ukuran dan bentuk tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan betina
  • Kepalanya berbentuk pipih dan memiliki sedikit jambul
  • Memiliki kicauan yang panjang serta menganggukkan kepala
  • Warna bulu yang lebih cerah dan mengkilap
  • Memiliki paruh panjang dan berwarna kekuningan
  • Alat kelamin yang agak menonjol keluar

Ciri-ciri Jalak Nias Betina, yaitu:

  • Memiliki ukuran yang lebih kecil dari jantan
  • Memiliki kepala yang cenderung lebih lonjong atau membulat
  • Memiliki kicauan yang panjang namun jarang menganggukkan kepala
  • Paruh lebih pendek dari jantan
  • Memiliki kelamin yang lebih menonjol dan lebih tampak

Dari ciri-ciri tersebut tentu kita sudah tahu apa perbedaan Jalak Nias Jantan dan betina. Dengan begitu sekilas saja kita melihatnya maka akan lebih mudah untuk mengetahui perbedaannya. Perbedaan yang lain juga terletak pada warna bulunya. Untuk burung Jalak Nias jantan memiliki warna bulu yang lebih gelap jika dibandingkan dengan betina. Sehingga lebih tegas dari pada betina. Sementara yang betina memiliki warna bulu yang lebih kusam, bukan karena tidak dirawat namun memang begitu adanya.

Harga Jalak Nias di Bali jelas akan berbeda dengan harga Jalak Bali. Hal ini tentu disebabkan oleh kondisi Jalak Bali yang hampir punah dan langka. Selain itu peminatnya juga datang dari perbagai daerah dan banyak membuat harganya melambung tinggi hingga menyentuh harga jutaan. Selain itu status Jalak bali yang dilindungi oleh undang-undang menyebabkan tidak sembarang orang dapat memeliharanya. Melainkan harus memenuhi syarat dan ketentuan yang ada. Dan barang siapa tertangkap memelihara atau menangkapnya secara ilegal akan dikenakan denda dan hukuman penjara.

Hal itu juga berlaku untuk Jalak Nias, karena masuk dalam daftar 7 jenis burung Jalak yang dilindungi. Daftar tersebut adalah Jalak putih sayap hitam, Jalak putih punggung abu-abu, Jalak putih tunggir abu, Jalak Tiong emas, Jalak nias, Jalak Nusa Tenggara dan Jalak Bali. Hukuman untuk orang yang nekat untuk memelihara burung-burung tersebut akan dikenakan hukuman 5 tahun dan denda maksimal 100 juta.

Harga Jalak Nias di Bali atau ditempat lain mungkin memang terjangkau jika dibandingkan dengan Jalak Bali. Namun bagi yang menginginkan Jalak Bali dengan harga terbaik dengan kualitas yang memuaskan dapat mengunjungi eradebaf.co.id. Dijamin aman, legal serta lengkap dengan sertifikat resmi dari BKSDA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *