Harga Sepasang Jalak Bali Terbilang Fantastis

peternak-burung-jalak-bali

Jalak Bali adalah salah satu jenis burung yang hanya ada dipulau Bali, tepatnya di suku Sturniade. Ukurannya sedang dan memiliki panjang sekitar 25 cm. Selain itu bentuknya sangat indah dan kicauannya yang merdu membuatnya banyak diminati oleh kolektor atau pemelihara burung. Untuk mendapatkan burung ini akan merogoh kocek yang cukup dalam. Hal ini disebabkan oleh harga sepasang Jalak Bali cukup mahal, bahkan terbilang fantastis.

Penyebab dari mahalnya sepasang Jalak bali yaitu karena satwa ini memang sudah berada di ambang kepunahan. Hampir kita tidak pernah melihat burung ini terbang bebas dialamnya. Kelangkaan yang terjadi disebabkan oleh banyak faktor, seperti penangkapan liar dan hilangnya habitat aslinya yaitu hutan. Selain itu, walaupun ini merupakan hewan asli Indonesia tapi tidak pernah kita jumpai di kebun binatang. Namun ditengah ancaman ini banyak lembaga atau perorangan yang mengembangbiakkannya dengan bebas, walaupun telah dilindungi oleh undang-undang. Tetapi untuk pembelian lebih baik memilih dari penangkaran resmi, karena telah memiliki izin dari lembaga negara yaitu BKSDA.

Cara Membedakan Jalak Bali Jantan dan Betina

Ketika kita memutuskan untuk membeli burung Jalak Bali sepasang, harus mengetahui bagaimana cara membedakan jantan dan betinanya. Tentunya ada perbedaan khusus diantara keduanya, walaupun cukup susah untuk di lihat secara sekilas. Hal ini disebabkan oleh bentuk dan warnanya yang sangat mirip. Berikut ini beberapa cara untuk membedakan diantara keduanya, yaitu:

  1. Burung Jalak Jantan pada umumnya memiliki bulu lancur pada bagian kepala yang lebih Panjang dibandingkan dengan betina.
  2. Ketika masih anakan, Jalak Bali Jantan memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan betinanya.
  3. Dilihat dari segi perilaku, Jalak Bali jantan terlihat lebih agresif dan sering mengganggu burung lainnya. Sedangkan yang betina lebih kalem jika dibandingkan dengan yang jantan.
  4. Pada usia 1 hingga 3 minggu yang jantan dan betina dapat dibedakan dari suara dan lebarnya piyik ketika diloloh.
  5. Pada usia sekitar satu bulan perbedaannya dapat diamati dari badannya. Untuk yang jantan memiliki badan yang lebih besar dan agresif saat berebut makanan. Sedangkan yang betina memiliki tubuh yang lebih kecil.

Namun ketika ingin membeli sepasang burung Jalak Bali  namun mengalami kesulitan untuk membedakannya dapat dengan bertanya kepada penjualnya. Supaya tidak salah memilih jenis kelamin dari burung tersebut.

Harga Sepasang Jalak Bali

Harga sepasang Jalak Bali memang sangat fantastis berkisar antara 4 hingga 6 juta untuk anakan. Namun tahun lalu yaitu 2021 mengalami penurunan karena adanya Covid-19 yang terjadi diseluruh dunia. Harganya menurun hingga 2 juta saja untuk sepasang burung anakan dan 1 juta untuk satu burung saja. Sedangkan untuk yang dewasa cukup dengan 5 juta sudah dapat membawa pulang Jalak Bali sepasang. Keadaan ini mungkin sedikit membuat harga sepasang Jalak Bali dapat menurun dengan drastis. Namun seiring dengan keadaan yang semakin membaik, harganya juga ikut meningkat lagi.

Ketika menentukan untuk memelihara burung ini lebih baik mencari penangkaran atau peternak yang legal. Sehingga burung yang didapatkan lengkap dengan sertifikat dan pemeliharaan menjadi legal tanpa melawan hukum yang ada.

Tips Breeding Jalak Bali

Mungkin salah satu tujuan dari mengetahui harga sepasang Jalak Bali yaitu adanya keinginan untuk melakukan breeding. Breeding sendiri merupakan sebuah usaha yang dilakukan untuk mengembangbiakkan satwa ini. Berikut beberapa tips untuk breeding sepasang Jalak Bali:

  • Proses perjodohan

Proses ini dimulai dengan menyiapkan calon indukan uang memiliki karakter yang jinak atau tidak liar. Umurnya diatas 2 hingga 3 tahun, pada usia ini biasanya Jalak Bali betina mengalami masa produktif. Proses perjodohan ini tidak harus dilakukan dari anakan, namun jika dapat dimulai dari usia muda akan lebih baik. Untuk perjodohan dengan usia dewasa dapat dimulai dengan melakukan perkenalan di kadang terpisah namun saling berdekatan. Setelah saling mendekat makan dapat dimasukkan dalam satu sangkar.

  • Pembuatan kandang

Tahapan selanjutnya yaitu pembuatan kandang. Ukurannya sangat relative tergantung pada lahan yang ada. Untuk idealnya memiliki ukuran lebar 1m x Panjang 2 m, dan tingginya 3,5 m. Atau dapat menggunakan ukuran lebih kecil yang penting tinggi. Kemudian bagian kanan dan kiri dibuat menggunakan batako yang tertutup dari kandang yang lain. Lalu bagian atas dan depan biarkan separuh terbuka. Hal ini karena karakter burung yang tidak sensitive dan mudah untuk beradaptasi.

Untuk lantai cukup dari tanah yang menyerap kotoran dan kelembapan dalam kandang tetap terjaga. Kemudian sediakan tangkringan, lalu bak mandi dan kotak sarang yang berukuran sekitar 25x25x35 cm yang diletakkan pada bagian atas. Supaya lebih mudah untuk pemanenan anakan.

  • Kenali tanda burung Jalak Bali yang birahi

Tandanya yaitu burung Jalak Bali sepasang mengoceh sepanjang hari. Seminggu atau dua minggu kemudian keduanya akan kawin yang ditandai dengan pembuatan sarang. Ketika bertelur rata-rata jumlah telurnya 3-4 butir dan akan menetas setelah 14 hari dierami. Ideal masa panen dilakukan setelah anakan berusia 6-7 hari. Jika diambil pada usia 2 hari maka harus segera dimasukkan dalam incubator.

Itulah beberapa tips untuk breeding burung Jalak Bali yang dapat dilakukan. Bagi yang sedang ingin mencari tahu harga sepasang Jalak Bali atau ingin membelinya dapat mengunjungi eradebaf.co.id. Burung Jalak Bali yang ditangkat secara legal dan dilengkapi dengan sertifikat. Sehingga aman untuk dipelihara tanpa harus melawan hukum yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *