Harga Anakan Burung Jalak Bali Sepasang Bersertifikat Resmi

harga-jalak-bali-sepasang

Indonesia adalah sebuah negara yang kaya akan berbagai jenis tumbuhan dan satwa. Namun sayangnya kini telah banyak hewan yang hampir punah sehingga harus dilindungi dengan undang-undang. Hal ini untuk mengurangi perburuan liar yang mengancam keberadaannya di alam liar. Salah satu satwa yang sangat cantik dan membuat banyak orang jatuh cinta, namun sudah hampir punah yaitu Burung Jalak Bali. Kini untuk memeliharanya harus merogoh kocek yang dalam. Karena harga anakan Jalak Bali tidaklah murah.

Banyak hal yang harus dipenuhi sebelum legal memperjual-belikan satwa ini. Sebuah izin untuk menangkarkannya akan sangat sulit untuk didapatkan. Karena itu harganya sangat mahal. Bisa saja mendapatkan harga murah yaitu dengan memelihara atau membeli yang ilegal. Tetapi akan sangat berbahaya, karena bisa terjerat hukum. Tentu hal semacam ini tidak kita inginkan. Sehingga lebih baik ikuti peraturan yang ada beli Jalak Bali yang legal dan lengkap dengan sertifikat yang ada.

Kisaran Harga Anakan Burung Jalak Bali

Harga anakan Jalak Bali sangat beragam. Semua tergantung dari kualitas burung tersebut dan bagaimana kebijakan dari si penangkar. Karena treatment yang diberikan tentu berbeda dari satu tempat dengan tempat yang lainnya. Pada dasarnya perawatan yang perlu dilakukan hampir sama dengan jenis burung yang lain. Namun untuk mendapatkan kualitas yang baik diperlukan usaha yang lebih, baik dari makanan, penjagaan, kebersihan kandang dan juga pelatihannya.

Kualitas dari Jalak Bali sendiri juga tidak mudah. Mulai dari anakan kita harus memilih dan memasangkannya. Dalam hal ini tentu akan sangat sulit, karena perbedaan antara jantan dan betina tidak terlalu jauh. Jika dilihat secara sekilas akan terlihat sama. Harus dipahami dengan seksama untuk membedakannya. Hal ini juga merupakan salah satu faktor yang membuat harga anakan Jalak Bali cukup mahal.

Untuk kisaran harga anankan burung Jalak Bali akan berbeda-beda juga tergantung pada usia dan kualitasnya. Pada usia 2 hingga 5 bulan untuk burung Jalak Bali yang sudah memakan voer, harganya dibandrol mulai dari Rp 4.000.000 per pasangnya. Sedangkan pada usia remaja, yakni 7 hingga 11 bulan, harganya dibandrol mulai dari Rp 6.000.000 untuk setiap pasang. Pada usia ini burung Jalak Bali telah berganti bulu dan juga sudah mulai terlihat kualitas kicauannya. Bagi yang ingin memeliharanya untuk menikmati suaranya dapat memilih anakan dengan usia remaja.

Ciri-ciri yang Membedakan Antara Burung Jalak Bali Jantan Dengan Betina

Membedakan burung Jalak Bali ini memang lebih susah karena tidak ada ciri khusus yang mencolok. Sehingga memang harus dilakukan dengan lebih teliti dan hanya orang yang telah berpengalaman yang mengerti cara membedakannya. Nah untuk menambah pengetahuan, berikut ini beberapa ciri-ciri antara Jalak Bali jantan dan betina, yaitu:

1. Untuk burung Jalak Bali anakan usia 1 hingga 3 minggu

Pada anakan Jalak Bali yang baru berusia 1 hingga 3 minggu tentu akan sangat sulit membedakan antara jantan dan betina. Cara yang dapat digunakan yaitu dengan memperhatikan suara dan perilakunya ketika makan atau diloloh. Untuk anakan jantan dia akan lebih agresif dengan pembukaan paruh lebih lebar. Kemudian suaranya lebih keras dari pada yang betina.

2. Usia satu bulan keatas

Pada usia ini kita dapat mengamati dari postur tubuhnya. Karena pertumbuhan dari anakan jantan dan betina tentu berbeda. Biasanya anakan jantan akan memiliki postur tubuh yang lebih besar dari betina. Hal ini tentu disebabkan oleh anakan jantan lebih agresif ketika berebut makanan. Sehingga pertumbuhannya menjadi lebih cepat. Disamping itu juga terdapat faktor genetik.

3. Usia tahapan lebih dewasa

Ketika anak burung Jalak Bali sudah mulai dewasa, ciri-ciri yang membedakannya dapat dilihat pada bulu lancur atau jambul yang mulai tumbuh. Bulu ini berada di kepala bagian belakang. Pada umumnya Burung Jalak Bali jantan memiliki bulu lancur lebih panjang dari pada betina. Hal ini membuat penampilan burung jantan akan lebih gagah, sedangkan betina akan lebih anggun.

4. Lihat bagian kaki

Ciri-ciri yang membedakan burung Jalak Bali jantan dan betina dapat dilihat dari kakinya. Untuk jantan akan tampak lebih besar dan lebih panjang jika dibandingkan dengan betina.

5. Suara kicauan

Berikutnya kita dapat melihat dan mendengar dari kicauannya. Burung Jalak Bali jantan akan memiliki kicauan yang lantang dan bervariasi. Kemudian ketika berkicau jambulnya akan berdiri.

Itulah sedikit cara yang dapat digunakan untuk membedakan antara burung Jalak Bali jantan dengan betina. Untuk anakan mungkin akan lebih sulit, namun ketika sudah mulai dewasa akan lebih mudah untuk mengenali fisiknya.

Harga anakan Jalak Bali ini memang terbilang mahal. Sebenarnya memasangkannya sejak masih anakan akan lebih mudah untuk mengadaptasi. Namun kendala yang dihadapi yaitu cukup sulit untuk membedakan antara jantan dengan betina. Sehingga lebih baik untuk membeli ketika mereka sudah memasuki usia dewasa. Dengan begitu lebih jelas perbedaannya. Kemudian kita dapat mendekatkan mereka secara perlahan.

Ketika mencari tempat untuk membeli burung Jalak Bali ini pastikan telah memiliki izin yang legal dari BKSDA. Kemudian setiap ekornya dilengkapi dengan sertifikat, sehingga lebih aman dan tidak melawan hukum yang ada. Nah, salah satu tempat yang memenuhi standart tersebut yaitu eradebaf.co.id. Disini anda akan menemukan kualitas dan harga anakan burung Jalak Bali yang memuaskan. Dan juga dijamin legal dan bersertifikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *