Ketahui Harga Burung Jalak Bali Sepasang Bersertifikat BKSDA

pelestarian-burung-jalak-bali

Burung Jalak Bali merupakan sebuah burung endemik yang hanya ada di daerah bali. Kini keberadaan hampir punah, sehingga pemerintah menetapkannya ke dalam daftar satwa yang dilindungi. Namun saat ini banyak sekali penangkaran yang mengembang biakkan jenis burung ini. Sehingga masih memungkinkan untuk memeliharanya. Tetapi harga burung jalak bali bersertifikat akan merogoh kantong cukup dalam. Hal ini ditentukan oleh banyak faktor, salah satunya dengan adanya peraturan yang membuatnya tidak bisa dipelihara secara bebas.

Burung Jalak bali memiliki bentuk tubuh yang sangat cantik dan juga suara kicauan yang sangat merdu. Hal ini yang membuat banyak orang tertarik untuk memeliharanya. Sehingga pada zaman dulu banyak pemburuan liar yang membuat populasinya semakin menipis. Kini telah banyak penangkar sehingga populasinya bisa terus bertambah. Hanya saja semua itu tidak mudah, banyak hal yang harus dipersiapkan dengan matang.

Harga Burung Jalak Bali Sepasang Bersertifikat Resmi

Harga burung Jalak Bali bersertifikat tentu akan lebih mahal dari pada yang ilegal. Karena pemeliharaannya sudah memenuhi standart dan telah mendapatkan izin dari pemerintah. Dimana izin tersebut sangat sulit untuk didapatkan. Namun bagi yang ingin memeliharanya benar-benar harus membelinya dari penangkar yang legal dan telah memiliki izin. Supaya kita tidak menyalahi peraturan pemerintah, dimana jika kita melanggar maka akan dikenakan denda dan hukuman yang setimpal.

Berikut ini daftar harga burung Jalak Bali Sepasang sesuai dengan usianya, yiatu:

1. Usia 2-5 bulan

Klasifikasi harga pertama ditentukan dari usia 2 hingga 5 bulan yang sudah makan voer. Hal ini akan membuat biaya perawatan menjadi lebih murah. Untuk harga burung Jalak bali sepasang dibandrol mulai dari Rp 4.000.000,-.

2. Pada usia 7-11 bulan

Golongan usia ini termasuk pada burung Jalak Bali yang mulai memasuki usia remaja. Pada usia ini biasanya kualitas kicauan sudah mulai terlihat dan mulai berganti bulu. Harga burung Jalak Bali bersetikat dengan usia ini dipatok mulai Rp 6.000.000 untuk setiap pasangnya.

3. Burung Jalak Bali berusia 1 tahun keatas

Pada usia ini burung sudah beranjak dewasa. Harganya dipatok cukup mahal untuk setiap pasangnya, yaitu mulai dari Rp 10.000.000,-. Bahkan banyak yang lebih mahal tergantung pada kualitas dari burung tersebut, mulai dari bulu, kicauan, kelincahan dan sebagainya.

Penyebab Mahalnya Harga Burung Jalak Bali

Ciri-ciri burung Jalak Bali memiliki bulu putih dengan ujung ekor dan sayap berwarna hitam. Pada bagian pipinya tidak ditumbuhi bulu dan bola matanya berwarna coklat tua. Pada bagian kelopak mata berwarna biru, sehingga tampak kontras dengan warna bulu pada tubuhnya. Hal inilah yang membuat tampilan pada Jalak Bali menjadi lebih menarik dan banyak orang yang menginginkannya untuk menjadi hewan peliharaan. Namun berikut ini ada beberapa penyebab yang membuat harganya lebih mahal saat ini, yaitu:

  • Termasuk dalam hewan yang dilindungi

Alasan utama dari harga burung Jalak Bali yaitu termasuk dalam hewan yang dilindungi. Penyebabnya dari jumlah burung yang ada di alamnya mulai mengalami penyusutan yang sangat mengkhawatirkan. Semua itu disebabkan dari perburuan liar yang tidak terkontrol. Sehingga pemerintah menetapkannya kedalam hewan yang dilindungi. Dengan begitu siapa yang memeliharanya atau menangkapnya secara ilegal akan dikenakan denda atau hukuman. Hanya orang yang telah memiliki izin dapat memelihara atau menangkarnya.

  • Kualitas burung yang didapat tidak secara instan

Alasan selanjutnya kenapa harga burung Jalak Bali sepasang bersertifikat mahal adalah kualitasnya yang tidak didapatkan secara instan. Semua diperlukan perawatan yang maksimal,makanan yang bergizi, pelatihan yang dilakukan secara rutin, perawatan kandang dan banyak lagi. Sehingga harganya juga tidak akan semurah jenis burung yang lainnya.

  • Bentuk yang cantik, ceria dan suka menari

Mahalnya harga Burung Jalak Bali juga disebabkan oleh bentuk, keceriaannya dan juga suka menari. Sehingga siapa saja yang memandangnya akan merasakan kebahagiaan tersendiri. Bentuknya yang sangat cantik dan kicauan yang khas serta merdu adalah sebuah keunikan yang tidak dimiliki oleh jenis burung lain. Disamping itu banyak yang mengatakan bahwa kualitas kicauannya setara dengan harga mahalnya.

  • Bersetifikat BKSDA

Harga burung Jalak Bali bersertifikat BKSDA memang akan jauh lebih mahal dari yang ilegal. Untuk mendapatkan izin penangkaran bukanlah hal yang mudah. Banyak hal yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Apalagi untuk memperjual belikan kepada orang lain tentu akan lebih susah.

Itulah beberapa hal yang membuat harga burung Jalak Bali menjadi lebih mahal. Tentu sangat sepadan dengan keindahan jenis satwa yang satu ini. Jika ingin memeliharanya pastikan memilih tempat yang sudah mengantongi izin. Sehingga transaksi dapat dilakukan dengan aman tanpa ada hal yang perlu ditakutkan.

Harga burung Jalak Bali sepasang bersertifikat yang mahal bukan suatu halangan untuk dapat menikmati keindahannya dirumah. Kamu dapat mendapatkan burung ini dengan kualitas terbaik di eradebaf.co.id. Dijamin aman, bersertifikat dan juga legal. Sehingga dapat memeliharanya tanpa melawan hukum yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *