5 Cara Merawat Burung Jalak Bali Dengan Benar

manuk-jalak-bali

Burung Jalak Bali merupakan jenis hewan yang telah dilindungi oleh negara. Karena keberadaannya dialam bebas yang mulai menipis. Dengan adanya perlindungan secara undang-undang maka siapa yang memeliharanya tanpa izin akan dikenakan hukuman. Hal ini dilakukan untuk melindungi populasi burung Jalak Bali yang hampir punah. Disamping itu pemerintah juga mengizinkan masyarakat untuk memelihara atau menangkarkannya. Namun dengan syarat dan ketentuan yang sangat ketat. Nah, bagi yang ingin memeliharanya lebih baik untuk mengetahui cara merawat Jalak Bali dengan benar.

Pada dasarnya perawatan jenis burung ini hampir sama dengan burung yang lain. Hanya saja kita juga perlu memahami karakter dan sifatnya. Supaya dapat memberikan perawatan yang lebih maksimal. Sehingga kualitas burung Jalak Bali juga lebih baik lagi. Disamping itu kita juga dapat memberikan yang terbaik pada burung yang pelihara, sehingga mereka akan betah dan nyaman hidup berdampingan bersama kita.

5 Cara Merawat Burung Jalak Bali

Burung endemik yang berasal dari Bali ini, memiliki pesona yang luar biasa sehingga banyak orang yang ingin memeliharanya. Baik untuk hiasan, perlombaan ataupun mengembang biakkannya. Untuk itu penting memahami cara perawatan yang benar, seperti 7 cara berikut ini:

1. Rajin memandikan burung

Cara merawat Jalak Bali yang pertama yaitu dengan rajin memandikannya, karena dia suka akan kebersihan. Lakukan pada setiap pagi dan sore hari, baik dengan cara disemprot halus atau dapat dengan mandi sendiri di keramba.

2. Memberikan makanan yang bergizi

Dialamnya burung ini memakan serangga dan buah-buahan. Namun didalam penangkaran dia terbiasa untuk memakan voer sebagai menu utama. Sehingga pilih voer yang memiliki kandungan protein yang nantinya akan diubah menjadi energi untuk berkicau dan menggerakkan badannya. Disamping itu juga berikan buah-buahan yang bervariasi supaya tidak bosan, seperti pisang, pepaya, apel dan sebagainya. Berikan juga serangga seperti jangkrik dan kroto untuk menambah protein. Pemberiannya cukup 4 ekor pada pagi hari dan 4 ekor pada sore hari. Lakukan hal tersebut sebanyak 3 kali dalam seminggu. Atau bisa juga dengan memberikan ulat hongkong dengan takaran yang tepat.

3. Jemur burung Jalak Bali

Cara merawat burung Jalak Bali selanjutnya yaitu dengan menjemurnya dibawah sinar matahari. Lakukan hal ini untuk setelah proses pemandian selesai. Jemur selama 1 hingga 2 jam sebelum jam 9 pagi. Karena sinar matahari yang mendekati pukul 12 siang akan terasa sangat panas sehingga tidak baik untuk kesehatan burung. Atau bisa juga dengan menjemurnya disore hari dalam waktu yang lebih singkat.

4. Jaga kebersihan kandang

Dalam merawat Jalak Bali kita harus menjaga kebersihan kandangnya, supaya dia merasa nyaman. Disamping itu juga akan menjaga kesehatan burung dengan lebih baik. Lakukan pembersihan secara rutin setiap pagi dan sore hari. Kemudian rutin ganti atau membersihkan tempat makan dan minumannya.

5. Pastikan tempat istirahatnya tenang

Cara merawat Jalak Bali dengan memperhatikan tempat istirahatnya. Pastikan memiliki suasana yang tenang dan sunyi, kalau bisa jauhkan dari keramaian. Supaya mereka dapat beristirahat dengan tenang dan tidak mudah stress.

Pada dasarnya cara merawat burung Jalak Bali hampir sama dengan jenis burung yang lainnya. Hanya saja kita harus benar-benar memperhatikan kesehatan dan kebersihannya supaya dapat tumbuh dengan baik. Disamping itu yang ingin mengembangbiakkannya harus memperhatikan beberapa faktor, mulai dari ukuran kandang dan mencarikan pasangan yang tepat.

Fakta Menarik Tentang Burung Jalak Bali

Setelah mengetahui bagaimana cara merawat burung Jalak Bali, tidak ada salahnya jika kita juga mengetahui fakta menarik mengenai satwa ini. Hal yang mungkin belum banyak diketahui bagi orang yang tidak tertarik dalam dunia burung. Berikut ini beberapa fakta mengenai burung Jalak bali, yaitu:

  • Memiliki warna putih bersih dan suara yang merdu

Salah satu hal yang terkenal dari Jalak Bali adalah bentuknya yang cantik dan suara merdu. Warna bulunya dominan putih bersih dan pada ujung ekor dan sayap berwarna hitam. Kemudian pada bagian matanya berwarna coklat tua dan disekelilingnya tidak ditumbuhi bulu. Namun pada kelopak matanya berwarna biru tua, inilah yang menjadi daya tarik tersendiri. Disamping itu suaranya sangat khas paduan dari suara siul dengan jeda nada beberapa saat dan suara lengkingan.

  • Makan hanya satu kali sehari

Dialamnya burung ini hanya mencari makan satu kali sehari. Dia akan menggali tanah gembur menggunakan paruhnya untuk mendapatkan cacing, serangga atau larva. Pola makan ini cukup unik dan berbeda dengan jenis burung yang lain. Hal ini tentu juga berbeda dengan cara merawat Jalak Bali yang berada ditangkaran.

  • Terancam punah

Sejak awal ditemukan, semakin lama jumlahnya semakin berkurang. Bahkan pada tahun 2005 jumlah burung ini hanya sekitar 50 ekor saja. Hal ini membuat pemerintah terus memperketat perlindungan dan terus berupaya untuk melindungi keberaannya. Dimulai dengan pelestarian alam yang merupakan habitat burung ini. Hingga memberikan izin bagi peternak untuk menangkarkannya. Hingga kini jumlahnya sudah mulai bertambah. Namun untuk mendapatkan izin penangkaran ini tentu sangat sulit dan banyak prosedur yang harus dilakukan.

  • Telurnya berwarna biru

Fakta menarik burung Jalak Bali yaitu terletak pada warna telurnya yang berwarna biru. Biasanya jenis burung ini akan bertelur ketika musim kawin pada bulan basah atau musim penghujan. Telurnya memiliki warna biru yang cantik berbeda dengan telur jenis burung lain. Biasanya mereka akan bertelur diatas pohon dengan ketinggian kurang lebih 175 cm.

Dan yang perlu diketahui bahwa Burung Jalak Bali merupakan maskot dari Pulau Dewata Bali. Hal ini diresmikan pada tahun 1991. Bagi yang tertarik untuk memeliharanya atau mengembangbiakkannya dapat mengunjungi eradebaf.co.id. Sebuah penangkaran yang telah memiliki izin dari BKSDA, sehingga aman dan tepercaya. Kemudian setiap burung memiliki sertifikat resmi yang menjamin kelegalannya. Cara merawat Jalak Bali juga dilakukan dengan maksimal, sehingga setiap satwa memiliki kesehatan dan kualitas terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *