7 Keunikan Yang Menjadi Keistimewaan Burung Jalak Bali

manuk-jalak-bali

Pulau bali merupakan salah satu icon Indonesia yang sudah terkenal di mancanegara. Bukan hanya kondisi alam yang indah tetapi juga satwa dan juga tumbuhan yang ada. Salah satu satwa yang menjadi maskot dari pulau ini adalah burung Jalak Bali. Satwa ini memiliki bentuk tubuh yang sangat cantik dengan warna bulu yang dominan putih dan memiliki kelopak mata berwarna biru. Hal ini merupakan salah satu keunikan yang dapat menjadi kelebihan Jalak Bali.

Burung Jalak Bali ini kini termasuk dalam satwa yang dilindungi oleh undang-undang karena hampir punah. Banyak penyebab dari keadaan ini, mulai dari habitatnya yang semakin menyempit, perburuan liar, susahnya berkembang biak dan sedikitnya sumber makanan yang ada. Sehingga perlu perhatian khusus untuk melestarikannya.

7 Keunikan Yang Menjadi Keistimewaan Burung Jalak Bali

Kelebihan Jalak Bali memang sangat beragam, karena hal ini banyak yang jatuh cinta kepadanya. Disamping itu harganya juga cukup mahal, selain karena keindahannya juga disebabkan oleh jumlahnya yang sudah langka di alam bebas. Untuk mengenal satwa ini lebih jauh dapat menyimak bebera keunikan Jalak Bali, sebagai berikut:

1. Hanya terdapat di Indonesia

Kelebihan Jalak Bali yang pertama yaitu hanya terdapat di Indonesia tepatnya di Pulau Bali. Karena satwa ini merupakan satu-satunya spesies endemik yang berasal dari Bali, pada tahun 1991 dijadikan lambang Provinsi Bali dengan nama Maskot Jali.

2. Suka berkicau

Keistimewaan burung Jalak Bali kedua yaitu dia suka berkicau, sehingga sangat disukai oleh kicau lovers baik dari dalam atau luar negeri. Bahkan burung ini sering dijadikan sebagai pelatih burung lain untuk berkicau dengan merdu. Selain aktif berkicau dia juga aktif bergerak.

3. Teracam punah dan dilindungi

Salah satu keistimewaan burung Jalak Bali yaitu keadaannya yang hampir punah dan dilindungi oleh undang-undang. Sehingga tidak sembarang orang dapat memeliharannya. Kita harus mendapatkan secara legal dan dilengkapi dengan sertifikat. Tidak heran jika harganya sangat mahal. Kita sudah membahas sedikit mengenai penyebab dari hampir punahnya Jalak Bali ini. Kini kita harus melakukan upaya untuk menjaga dan mengupayakan supaya jumlahnya terus meningkat. Caranya seperti konservasi atau penangkaran.

4. Hewan yang menurut

Burung Jalak Bali ternyata termasuk hewan yang memiliki sifat penurut. Tentunya sifat ini tidak ada pada burung lainnya. Karena itu hewan ini cukup mudah untuk dijinakkan.

5. Pernah menjadi ikon gambar pada uang logam

Selain menjadi maskot Bali, burung jalak bali juga pernah menjadi gambar pada uang logam Rp 200,- yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia pada tahun 2003. Hal ini tentu menjadi kelebihan burung Jalak Bali dari jenis burung lainnya.

6. Memiliki sifat Monomorfik

Pada sebagaian besar unggas secara seksual bersifat monomorfik, inilah yang menyebabkan sulit membedakan secara morfologi antara jantan dan betina. Dengan kata lain sedikit perbedaan misalnya pada warna bulu atau ukuran tubuh. Hal tersebut membuat penetapan jenis kelamin secara morfologi sulit dilakukan. Pada Jalak Bali ini akan sulit dilakukan ketika masih anakan, sedangkan ketiak dewasa, antara jantan dan betina dapat dibedakan.

7. Menggali tanah

Kelebihan Jalak Bali yang selanjutnya adalah kebiasaan menggali tanah untuk mencari makan. Seperti cacing, jangkrik atau serangga lainnya untuk dijadikan makanan di habitatnya. Dan dia juga termasuk hewan herbivora atau pemakan segala, karena dia juga memakan pisang dan kroto.

Itulah sedikit keunikan yang dapat menjadi kelebihan burung Jalak Bali yang tidak dimiliki oleh burung lainnya. Dari sana kita akan tahu bahwa satwa ini memang memiliki nilai yang tinggi. Sehingga untuk pemeliharaannya butuh merogoh kocek yang cukup dalam.

Ciri-ciri Burung Jalak Bali

Kita sudah membahas sedikit mengenai ciri fisik dari burung Jalak Bali yang menjadi maskot dari Pulau Bali ini. Nah sekarang kita akan membahasnya lebih jauh supaya dapat lebih mengenali satwa satu ini. Berikut ini beberapa ciri-ciri burung Jalak bali, yaitu:

  • Warna buku putih bersih

Jalak Bali memiliki warna bulu putih bersih sekitar 90% dari seluruh bulu yang ada. Sedangkan untuk ujung ekor dan sayapnya berwarna hitam dengan lebar sekitar 25 mm.

  • Memiliki kelopak mata berwarna biru

Pada bagian pelupuk matanya berwarna biru tua dan mengelilingi bola mata. Kemudian paruhnya runcing berukuran sekitar 2-3 cm, pada bagian ujungnya berwarna kecokelatan. Pada rahangnya berwarna keabu-abuan dan sedikit kehitaman.

  • Panjangnya sekitar 25 cm

Burung Jalak Bali memiliki panjang dari paruh hingga ujung ekor sekitar 25 cm. Untuk detailnya, paruh 3cm, kepala 5cm, leher 2 cm, sayap 13 cm dan ekornya 6cm.

  • Jantan memiliki bulu jambul dan kepala lebih besar

Pada burung Jalak Bali Jantan memiliki jambul pada kepalanya sehingga terlihat lebih indah. Kemudian ukuran kepalanya lebih besar dibandingkan dengan betina dan agak panjang. Sedangkan untuk betina lebih kecil dan bulat.

Itulah beberapa ciri-ciri dari yang juga dapat menjadi kelebihan Jalak Bali yang tidak dimiliki oleh burung lain. Untuk dapat memeliharanya kita harus mencari tempat yang tepercaya, pastinya legal dan lengkap dengan sertifikat resmi. Cukup dengan kinjungi eradebaf.co.id, sudah pasti aman, legal dan lengkap dengan sertifikat resmi BKSDA. Kualitasnya juga tidak abal-abal karena semua dirawat dengan maksimal, mulai makanan, perawatan harian dan pelatihan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *